Laman

Rabu, 24 Oktober 2012

Melindungi Hewan

      Hewan yang hampir punah disebut hewan langka. Beberapa jenis hewan di bawah ini dilindungi agar tidak punah. Beberapa jenis masih cukup jumlahnya, tetapi jika tidak dilindungi dikhawatirkan akan terancam kelestariannya. Kita tentu tidak ingin jika hewan menjadi punah, seperti punahnya harimau jawa. 

  • Burung Cenderawasih

      Burung cenderawasih hidup di di Irian Jaya (Papua). Karena bulunya yang amat indah, burung ini disebut juga burung surga.
Burung Cendrawasih mempunyai ciri khas pada bulunya yang indah yang dimiliki oleh burung jantan. Umumnya, berwarna cerah dengan kombinasi beberapa warna seperti hitam, cokelat, kemerahan, oranye, kuning, putih, biru, hijau dan ungu.

    Keindahan bulu Cendrawasih jantan digunakan untuk menarik perhatian lawan jenis. Untuk 'merayu' betina agar bersedia diajak kawin, burung jantan akan memamerkan bulunya dengan melakukan tarian-tarian indah. Sambil bernyanyi di atas dahan, pejantan bergoyang dengan berbagai gerakan ke berbagai arah.
Burung ini perlu dilindungi dari para pemburu yang ingin menangkapnya untuk dikoleksi atau dijual.


  • Burung Jalak Bali

    Jalak Bali (Leucopsar rothschildi) atau disebut juga Curik Bali adalah sejenis burung sedang dengan panjang lebih kurang 25 cm. Burung pengicau berwarna putih ini merupakan satwa endemik 

     Burung jalak ini hanya hidup di Bali. Bulunya putih cantik dengan jambul dikepala yang cukup panjang. Matanya dikelilingi kulit yang berwarna biru. Ada sebagian bulu disayap dan ekor yang berwarna hitam. Jumlah burung ini di alam bebas sudah sangat sedikit.

  • Badak Bercula Satu

      Badak bercula satu hidup di ujung kulon, daerah di ujung barat Banten. badak ini hanya mempunyai satu cula di atas hidungnya.     Cula adalah kumpulan rambut yang menyatu dan mengeras. 

     
         
      Badak jawa atau Badak bercula-satu kecil (Rhinoceros sondaicus) adalah anggota famili Rhinocerotidae dan satu dari lima badak yang masih ada. Badak ini masuk ke genus yang sama dengan badak india dan memiliki kulit bermosaik yang menyerupai baju baja. Badak ini memiliki panjang 3,1–3,2 m dan tinggi 1,4–1,7 m. Badak ini lebih kecil daripada badak india dan lebih dekat dalam besar tubuh dengan badak hitam. Ukuran culanya biasanya lebih sedikit daripada 20 cm, lebih kecil daripada cula spesies badak lainnya.


  • Orang Utan

 
      Orang Utan sejenis rambut kemerahan. Orang Utan hidup di hutan- hutan Sumatra dan Kalimantan. walaupun semulanya masih cukup banyak, kini hewan ini, termasuk hewan yang dilindungi. jumlah Orang Utan terus berkurang karena perburuan liar. Orang Utan termasuk hewan yang penyendiri. mereka tidak hidup berkelompok. kalaupun ada yang hidup bersama,  hanyalah induk Orang Utan dan anaknya yang masih disusui.


  • Komodo
    Komodo atau Biawak Komodo (Varanus komodoensis), merupakan spesies reptil terbesar di dunia yang terdapat di pulau Komodo, Rinca, Flores, Gili Motang, dan Gili Dasami di Nusa Tenggara, Indonesia. Komodo yang ditemukan pertama kali oleh peneliti barat pada tahun 1910. 

     Habitat komodo yang hanya terdapat di beberapa pulau di Nusa Tenggara yang termasuk dalam wilayah Taman Nasional Komodo juga mendapat apresiasi di dunia internasional dengan lolosnya menjadi salah satu dari 28 finalis New 7 Wonders of Nature. Hewan ini merupakan karnivora. Akan tetapi,  biasanya hewan ini akan segera lari menghindar jika ada manusia yang mendekatinya. Hanya jika merasa keselamatannya terancam, komodo mampu menyerang balik dengan ganas.


  • Harimau Sumatra
     Harimau Sumatra bertubuh lebih kecil dibanding harimau sejenis di tempat lain. Harimau yang permukaan tubuhnya berwarna loreng ini hidup di hutan Sumatra. Jumlahnya tinggal sedikit akibat diburu manusia .

     Harimau Sumatra hanya ditemukan di Pulau Sumatra. Makanan harimau Sumatra tergantung tempat tinggalnya dan beberapa berlimpah mangsanya. Harimau Sumatra mempunyai warna paling gelap di antara semua subspecies harimau lainnya, pola hitamnya berukuran lebar dan jaraknya rapat kadangkala dempet.


  • Panda
    Panda, adalah seekor mamalia yang biasanya diklasifikasikan ke dalam keluarga beruang, Ursidae, yang hewan asli Tiongkok tengah. Panda Besar tinggal di wilayah pegunungan, seperti Sichuan dan Tibet

     Hewan ini hidup di daratan Cina. Rambut di bagian kaki, tangan, telinga dan seputar mata berwarna hitam. Sementara sisanya berwarna putih. Makanan panda adalah batang bambu yang masih muda. Saat ini, jumlah panda semakin semakin sedikit karena hutan bambu semakin sedikit. Selain itu, perkembangbiakan panda agak lambat.
  • Gorila
     Gorila berasal dari Afrika. Seluruh rambut ditubuhnya berwarna hitam legam. Hewan ini memiliki wajah yang agak menyeramkan. Gorila hidup berkelompok sebagai keluarga besar. Kelestarian gorila terancam karena hutan-hutan Afrika semakin banyak dijelajahi manusia. 

     Gorila adalah primata yang terbesar. Makanan gorila terdiri dari sayur -sayuran, walaupun kadang juga makan serangga. Karena itu, gorila dapat digolongkan sebagai binatang omnivora.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar